Teuteup Semangat !!!

Wednesday, December 31, 2008

Tips Mengelola Stress

  1. Seberat apapun beban, berusahalah tersenyum. Senyuman dapat dijadika sebagai obat penawar kesusahan hati dan pelera kesedihan yang mempunyai efek yang menakjubkan untuk menenagkan jiwa dan membahagiakan hati. Senyman menjadi sugesti peringan beban, senyuman tulus dapat mencairkan hubungan yang beku, memberi semangat pada orang putus asa, membuat cerah suasana muram.
  2. Lakukan olahraga, serta perbanyak puasa sunah. Keduanya terbukti memicu tubuh menghasilkan endorphin dan enkefalin yang mampu memberikan rasa bahagia, lega, tenang, rileks secara alami.
  3. Jika memungkinkan jauhilah sumber stress, tenangkan diri dengan dzikir (“Berdzikirlah kalian kepada-Ku, niscaya Aku akan mengingat kalian”), istigfar, mencari tempat yang tenang, atau melakukan hobi. Jangan memaksakan diri menghadapi stressor ketika diri masih tertekan, karena beban yang ada justru kian terasa berat.
  4. Setelah merasa lebih tenang, segera tentukan langkah untuk menghadapi stress. Jangan terlena menjauhi sumber stress, karena dapat menjadikan jiwa kecut serta lebih suka lari dari kenyataan.

Stress berawal dari sumber masalah dan masalah itu bukan untuk dihindari, setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya.

1 comment(s):

ada yang kurang lho bu.
nomor 5nya. keikhlasan dalam menjalani hidup dan menghadapi permasalahan

By Blogger Dadang, at February 17, 2009 at 5:17:00 AM PST  

location.href=https://www.blogger.com/comment.g?blogID=985331954025760507&postID=8096558705330729069;> Post a comment

<< Home